Positivisme Logis: Pengertian, Sejarah Kemunculan, dan Prinsipnya

Table of Contents
Pengertian Positivisme Logis
Moritz Schlick, salah seorang tokoh Lingkaran Wina | Sumber: wikipedia.org

Pengertian Positivisme Logis

Positivisme logis adalah aliran filsafat yang berpendapat bahwa filsafat harus mengikuti rigoritas yang sama dengan sains. Filsafat harus dapat memberikan kriteria yang ketat untuk menetapkan apakah sebuah pernyataan adalah benar, salah atau tidak memiliki arti sama sekali.

Positivisme logis disebut juga sebagai empirisme logis, empirisme rasional, dan juga neo-positivisme. Positivisme logis merupakan salah satu cabang dari paradigma positivisme yang berasal dari sebuah perkumpulan para filsuf yang bernama Lingkaran Wina pada tahun 1920-an.

Sekilas positivisme logis memiliki pandangan serupa dengan positivisme dalam hal kepercayaan bahwa segala sesuatu harus dapat dibuktikan secara ilmiah dan menolak hal-hal metafisika. Perbedaannya, cara pandang positivisme logis yang lebih menekankan pada pembuktian keberadaan suatu hal melalui pemberian kriteria yang ketat.

Dalam positivisme logis terdapat cara pandang yang menganggap bahwa hanya ada satu bentuk pengetahuan yaitu pengetahuan yang berdasarkan dari pengalaman yang telah dilakukan observasi sebelumnya serta dapat dilihat melalui bahasa logis dan matematis.

Salah satu teori positivisme logis yang terkenal yaitu teori pemberian makna yang dapat dibuktikan. Teori ini berpendapat bahwa sebuah pertanyaan dapat menjadi bermakna ketika dapat dibuktikan atau diverifikasi secara empiris.

Positivisme logis ini pertama kali dikemukakan oleh Moritz Schlick yang juga merupakan pemimpin dalam Lingkaran Wina. Tokoh-tokoh yang menganut paham positivisme logis ini antara lain Moritz Schlick, Rudolf Carnap, Otto Neurath, dan A.J. Ayer.

Karl Popper, meski awalnya pernah dekat dengan kelompok Lingkaran Wina, adalah salah satu kritikus utama terhadap pendekatan neo-positivis ini.

Sejarah Munculnya Positivisme Logis

Para positivis logis menganggap diri mereka sebagai melanjutkan tradisi empiris Wina abad ke-19, terkait erat dengan empirisme Inggris dan berpuncak pada ajaran Ernst Mach yang berorientasi ilmiah dan antimetafisik.

Pada tahun 1907, matematikawan Hans Hahn, ekonom Otto Neurath, dan fisikawan Philipp Frank, yang semuanya kemudian menjadi anggota terkemuka lingkaran Wina, berkumpul sebagai kelompok informal untuk membahas filsafat sains.

Mereka berharap untuk memberikan penjelasan tentang sains yang akan melakukan keadilan — sebagaimana, mereka pikir, Mach tidak — pada kepentingan sentral matematika, logika, dan fisika teoretis, tanpa meninggalkan doktrin umum Mach bahwa sains pada dasarnya adalah deskripsi pengalaman.

Sebagai solusi untuk masalah mereka, mereka melihat ke “positivisme baru” dari Jules Henri Poincaré; dalam upaya untuk mendamaikan Mach dan Poincaré mereka mengantisipasi tema utama dari positivisme logis.

Pada tahun 1922, atas dorongan anggota “kelompok Wina”, Moritz Schlick diundang ke Wina sebagai profesor, seperti Mach sebelumnya, dalam filsafat ilmu induktif. Schlick telah dilatih sebagai ilmuwan di bawah Max Planck dan telah memenangkan nama untuk dirinya sendiri sebagai penafsir teori relativitas Albert Einstein.

Tapi dia sangat tertarik pada masalah klasik filsafat, seperti halnya Mach. Di sekitar Schlick, yang bakat pribadi dan intelektualnya sangat cocok untuknya menjadi pemimpin kelompok diskusi kooperatif, “lingkaran Wina” dengan cepat memantapkan dirinya.

Keanggotaannya termasuk Neurath, Friedrich Waismann, Edgar Zilsel, Béla von Juhos, Felix Kaufmann, Feigl, Victor Kraft, Philipp Frank — meskipun dia sekarang mengajar di Praha — Karl Menger, Kurt Gödel, dan Hahn.

Pada tahun 1926 Rudolf Carnap diundang ke Wina sebagai instruktur filsafat, dan dia dengan cepat menjadi tokoh sentral dalam diskusi lingkaran; dia menulis lebih bebas daripada anggota lingkaran lainnya dan kemudian dianggap sebagai eksponen utama gagasan mereka.

Carnap telah dilatih sebagai fisikawan dan matematikawan di Jena, di mana dia berada di bawah pengaruh Gottlob Frege.

Namun, seperti anggota lingkaran lainnya, ia memperoleh gagasan filosofis utamanya dari Mach dan Bertrand Russell. Ludwig Wittgenstein dan Karl Popper bukanlah anggota lingkaran tetapi melakukan diskusi rutin dengan anggotanya.

Secara khusus, Wittgenstein berhubungan dekat dengan Schlick dan Waismann. Tractatus Logico-Philosophicus dari Wittgenstein memiliki pengaruh yang besar pada pertimbangan lingkaran, yang diinterpretasikan sebagai perkembangan empirisme Inggris.

Lingkaran tersebut menganggap Wittgenstein sebagai “prinsip verifiabilitas” —bahwa arti proposisi identik dengan metode verifikasinya — yaitu, bahwa proposisi berarti rangkaian pengalaman yang bersama-sama setara dengan proposisi itu benar.

Wittgenstein, mereka juga berpikir, telah menunjukkan bagaimana seorang empiris dapat memberikan penjelasan matematika dan logika yang memuaskan.

Dia telah mengakui bahwa proposisi logika dan matematika adalah tautologi. (Para positivis logis tidak memperhatikan perbedaan Wittgenstein antara tautologi dan identitas.) Mereka “independen dari pengalaman” hanya karena mereka kosong dari konten, bukan karena, seperti yang dikatakan oleh para rasionalis klasik, mereka adalah kebenaran dengan tatanan yang lebih tinggi daripada berdasarkan kebenaran berdasarkan pengalaman.

Di negara-negara berbahasa Jerman, lingkaran Wina adalah kelompok minoritas kecil. Sebagian besar, filsuf yang berbicara bahasa Jerman masih berkomitmen pada beberapa variasi “idealisme Jerman”.

Neurath, dengan kepentingan sosiopolitiknya yang kuat, secara khusus bersikeras bahwa lingkaran tersebut harus bertindak seperti partai politik, berangkat untuk menghancurkan metafisika tradisional, yang ia lihat sebagai instrumen reaksi sosial dan politik.

Pada tahun 1928, Verein Ernst Mach (Ernst Mach Society) secara signifikan didirikan oleh anggota lingkaran dengan tujuan yang diakui untuk “menyebarkan dan memajukan pandangan ilmiah” dan “menciptakan instrumen intelektual empirisme modern.”

Untuk menyambut Schlick kembali ke Wina pada tahun 1929 dari jabatan profesor tamu di Stanford, California, Carnap, Hahn, dan Neurath menyiapkan manifesto dengan judul umum Wissenschaftliche Weltauffassung, Der Wiener Kreis (The Scientific World View: The Vienna Circle).

Manifesto ini menelusuri ajaran lingkaran Wina kembali ke positivis seperti David Hume dan Mach, metodologi ilmiah seperti Hermann Ludwig von Helmholtz, Poincaré, Pierre Maurice Marie Duhem, dan Einstein, hingga ahli logika dari Gottfried Wilhelm Leibniz hingga Russell, moralis utilitarian dari Epicurus kepada John Stuart Mill, dan kepada sosiolog seperti Ludwig Feuerbach, Karl Marx, Herbert Spencer, dan Menger.

Yang paling tidak hadir adalah perwakilan dari “tradisi Jerman” —bahkan, meski agak tidak adil, Immanuel Kant. Untuk membuat kesimpulannya familiar bagi dunia yang lebih luas, lingkaran mengatur serangkaian kongres

Prinsip Utama Positivisme Logis

1. Oposisi untuk semua Metafisika.
2. Penolakan proposisi apriori sintetik.
3. Kriteria makna berdasarkan karya awal Ludwig Wittgenstein, pada dasarnya, arti sebuah kata adalah penggunaannya dalam bahasa, dan bahwa pikiran, dan bahasa yang digunakan untuk mengekspresikan pikiran itu, adalah gambar atau representasi tentang bagaimana sesuatu itu terjadi.
4. Gagasan bahwa semua pengetahuan harus dapat dikodifikasi dalam satu bahasa standar sains, dan proyek “rekonstruksi rasional” terkait yang sedang berlangsung, di mana konsep bahasa biasa secara bertahap digantikan oleh padanan yang lebih tepat dalam bahasa standar itu. 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment